Tips Membeli Notebook baru

Sebenarnya sudah banyak bertebaran tips dan panduan membeli notebook baru yang bertebaran di internet, namun pada akhirnya itu tidak tidak menghalangi saya untuk tetap menulis artikel ini karena kebanyakan artikel yang ada sudah kadaluarsa, tidak lengkap, maupun tidak tepat. Akhir kata semoga tips berikut bisa berguna bagi anda.

1. Tentukan budget dan keperluan anda
Tentukan budget yang anda punya dan carilah laptop yang ada di range harga tersebut dengan begitu anda akan fokus. Selain itu tentukan tujuan anda membeli laptop, apakah untuk keperluan kantor, kuliah, game, desain atau editing.
2. Ukuran
Jika pembaca tergolong pengguna yang sering berpindah (mobile) dan hanya menggunakan laptop untuk keperluan  biasa (basic) bisa membeli netbook 10-11 inch yang harganya lebih murah dengan umur baterai lebih lama, namun bila laptop digunakan sebagai pengganti PC dekstop sebaiknya memilih layar dengan ukuran minimal 14 inchi.  Saat ini beberapa produsen menjual laptop CULV (Consumer Ultra-Low Voltage) yang sangat tipis. Bila ingin bergaya laptop ini cocok untuk anda, tetapi untuk performa masih dibawah laptop standar, jadi pertimbangkan kebutuhan anda dulu apakah untuk gaya, mobile, atau pengganti desktop komputer.
3. Rencanakan ke depan
Prosessor laptop anda tidak akan bisa diupgrade, jadi pilihlah yang cukup cepat untuk mendukung aktivitas anda minimal 1 tahun kedepan.
4. Seimbangkan performa laptop anda
Cukup sering saya menemui teman atau kerabat yang terobsesi untuk membeli prosessor yang terbaru, namun mereka melupakan komponen lainnya seperti VGA dan juga RAM. Usahakan untuk memilih yang seimbang antara Processor, VGA, RAM, dan Hardisk. Untuk Processor generasi terbaru, untuk VGAnya minimal yang sudah support HD Graphic dengan dedicated VRAM, RAM Minimal 2 GB, dan Hardisk Minimal 320 GB. Jika anda merencanakan untuk menggunakan RAM lebih dari 4 GB, pastikan anda menggunakan Sistem operasi 64 bit, karena jumlah RAM maksimal yang akan terdeteksi hanya 4 GB di OS 32 bit.
5. VGA card / kartu grafis
Banyak orang yang membeli laptop hanya memperhatikan prosessor tapi kemudian menyesal saat laptopnya lambat saat menonton film, bermain game, atau mengedit gambar. Pemilihan VGA juga sangat vital karena untuk laptop yang beredar saat ini tertanam di motherboard dan tidak bisa diupgrade.  Untuk penggunaan sedang Intel GMA4500 sudah cukup untuk basic gaming, menonton film, dan dvd, biasanya kartu ini akan share memory dengan memory laptop. Untuk VGA saya hanya merekomendasikan minimal memakai chipset Intel HD Graphics, dan lebih bagus lagi bila pakai NVIDIA atau ATI Radeon HD Graphics.

6. Go Hunting
Terakhir, bila anda sudah menentukan merk, tipe, dan spesifikasi yang anda inginkan. Carilah toko dengan penawaran yang terbaik, jangan langsung membeli. Caranya adalah dengan melakukan riset dahulu dari satu toko ke toko yang lain. Walaupun akan sedikit merepotkan tetapi akan sepadan dengan hasilnya. Terima kasih atas waktunya, semoga artikel kali ini berguna bagi para pembacanya, mohon maaf bila ada kurang lebihnya dan sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.

Share this Tips & Triks :

Post a Comment

 
Support by : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BuatBlog KangRoes
Copyright © 2011. drcomputerblog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger