Cara Merawat Notebook Agar Awet dan Tahan Lama

Notebook sekarang ini bukanlah barang mewah lagi, sudah banyak orang memiliki perangkat komputer mobile yang satu ini. Dewasa ini fungsinya sebagai perangkat mobile yang mulai bergeser menjadi penggati komputer dekstop, membuat popularitasnya semakin naik dan membuat harganya semakin terjangku oleh semua kalangan. Penggunanya pun berfariasi dari anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Saat ini sudah menjadi pemandangan yang biasa saja bagi kita semua melihat banyak orang yang kesana kemari membawa notebook. Namun dari sekian banyak orang yang sudah mempunyai laptop saya berani menjamin tidak semua dari mereka mengerti bagaimana caranya merawat notebook dengan baik dan benar supaya awet dan tahan lama. Berikut ini saya akan membagikan beberapa tips yang saya ambil dari pengalaman saya sendiri dan juga pengalaman rekan-rekan saya yang sudah menerapkan dan membuktikan sendiri hasilnya bagaimana merawat notebook yang baik dan benar agar notebook kesayangan anda bisa awet dan tahan lama.
  1. Gunakan keyboard protector supaya terlindungi dari debu, zat cair, dan lain sebagainya, yang pada akhirnya bisa mengakibatkan kerusakan pada keyboardnya ataupun juga pada notebooknya secara keseluruhan. Karena biasanya debu mudah sekali masuk di sela-sela keyboard, dan juga terkadang kita secara tidak sengaja menumpahkan zat cair diatas keyboard tersebut, apapun jenisnya air, jus, tinta, dan kawan-kawannya sangatlah berbahaya untuk kesehatan notebook anda bila sampai masuk kebagian dalam notebook anda.
  2. Gunakan screen protector pada layar Notebook untuk menghindarkan dari goresan, debu, zat cair, dan lain sebagainya. Selain untuk melindungi layar, screen protector akan membantu memudahkan anda pada saat membersihkan layar tersebut.
  3. Gunakan Cooling Pad untuk menghindarkan notebook dari panas yang berlebihan atau overheat.  Gunakan cooling pad bila dirasa suhu nootebook anda terlalu panas. Untuk mengetahui seberapa panaskah suhu notebook, anda bisa menggunakan berbagai macam aplikasi gratisan seperti core temp, speed fan, dan lain sebagainya yang bisa anda dowload di internet. Untuk suhu normal berkisar antara 55 derajat saat nobebook dalam kondisi idle (menyala tapi tidak sedang dipakai) bisa juga dibawahnya tergantung jenis notebooknya hingga 75 derajat celcius pada kondisi notebook yang sedang dipakai. Bila suhu notebook anda melebihi 75 derajat saya sarankan untuk menggunakan cooling pad, namun bila tidak melebihi 75 derajat penggunaan cooling pad tidaklah diperlukan.
  4. Untuk Batteray, bila tidak akan dipergunakan untuk waktu yang lama, usahakan persentase kapasitasnya di atas 60 % - 100 %, jangan pernah membiarkan batteray notebook yang kapasitasnya low tidak terpakai dalam waktu yang lama karena akan menimbulkan kerusakan pada cell-cellnya. Mencharge batteray dalam kondisi notebook sedang dipakai tidaklah menjadi masalah, bila batteray telah penuh segeralah lepas charger. Terlambat melepas charger sebenarnya tidaklah menjadi masalah karena kebanyakan batteray laptop sudah dilengkapi dengan chip controler agar tidak terjadi over charge, yang menjadi masalah adalah bila batteray notebook anda tidak dilengkapi dengan chip controler sehingga terjadi overcharge yang apabila terlalu lama akan merusak batteray tersebut. 
  5. Gunakan antivirus yang tidak memakan banyak resource dari notebook anda agar tidak membuatnya lemot, terlepas dari antivirus tersebut berbayar atau gratisan usahakan yang ter update supaya terhindar dari serangan malware atau virus yang juga terus update. Untuk anda yang gemar berkelana di dunia maya anti virus yang menyertakan fasilitas internet security sangat di anjurkan penggunaanya. Untuk fasilitas internet security ini biasanya hanya ada pada antivirus yang berbayar. Bijaklah dalam memilih anti virus karena tidak semua anti virus berbayar itu bagus atau cocok dengan notebook anda begitu pula sebaliknya untuk antivirus gratisan, pilih sesuai kondisi dan kebutuhan dari notebook anda.
  6. Lakukan disk defragmenting secara berkala agar kinerja notebook anda selalu terjaga optimalitasnya dan lakukan disk cleanup secara berkala untuk menghapus file-file sampah yang sudah tidak terpakai untuk menambah ruang bebas pada hardisk notebook anda.
  7. Saat anda ingin bepergian dengan membawa notebook kesayangan anda gunakanlah selalu tas notebook yang sesuai, untuk menghindari dari benturan dan goresan. Lepaslah baterai dari tempatnya untuk menghindari korsleting.
  8. Gunakan Voltage stabillizer (Stavolt) agar terlindung dari fluktuasi tegangan listrik yang bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen notebook terutama charger dan batterai
  9. Gunakan UPS (Uninteruptable Power Supply) untuk  menghindarkan notebook dari pemadaman listrik saat anda memakainya menggunakan listrik di rumah anda agar komponen notebook anda awet. Karena komponen notebook rentan mengalami kerusakan karena pemadaman listrik secara tiba-tiba, terutama hardisk.

Itulah beberapa tips & triks yang bisa saya bagikan. Masih banyak tips lainya yang beredar di internet yang perlu untuk anda baca dan anda praktekan, bila anda sudah membuktikan sendiri tips-tips yang beredar di internet tersebut, akan lebih bermanfaat lagi bila anda membaginnya kepada orang lain. jangan sungkan-sungkan untuk memberi tips tambahan lewat kotak komentar dibawah ini, jadi sampai disini dulu dan selamat merawat notebook anda, good luck!

Share this Tips & Triks :

+ comments + 2 comments

July 23, 2015 at 5:12 AM

Tutarni : Terima kasih atas tutorial yang bermanfaat, akan di coba dirumah semoga berhasil :)

August 12, 2018 at 6:18 AM

Artikelnya bagus min, semoga terus bisa berbagi artikel yang bermanfaat lainnya, lain kali kesini lagi

Post a Comment

 
Support by : Creating Website | Johny Template | Mas Template | BuatBlog KangRoes
Copyright © 2011. drcomputerblog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger